Blog & News Detail Information
Arung Jeram di Kota Medan
30 Okt 2013
Arung Jeram di Kota Medan
Kata kunci Arung Jeram Medan dan Arung Jeram di Medan sering kali digunakan oleh para pengunjung mesin pencari seperti google untuk mendapatkan informasi tentang kegiatan Arung Jeram atau Rafting di Kota Medan, padahal sebenarnya kita tidak dapat melakukan aktifitas Arung Jeram atau Rafting di Medan, karena memang tidak ada sungai yang bisa menjadi spot untuk kegiatan Arung Jeram di Medan.
Informasi yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan kata kunci tersebut adalah tentang spot-spot Arung Jeram atau Rafting yang berada di sekitar kota Medan, dimana operator penyedia jasanya memang berkantor di Medan.

Spot Rafting atau Arung Jeram yang paling dekat dengan Kota Medan adalah Sungai Bingei atau dikenal juga dengan Sei Binge yang berada di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Untuk mencapai lokasi Arung Jeram Sei Binge, dibutuhkan waktu paling lama sekitar 1,5 jam dari Kota Medan atau sekitar 30 menit dari Binjai.

Untuk bisa ber-Arung Jeram di Sungai Bingei, pengunjung harus membooking terlebih dahulu ke Operator, setelah itu pengunjung akan menentukan waktu untuk ber-Arung Jeram dan pada hari yang sudah ditentukan, pengunjung akan bertemu dengan tim dari Operator di Meeting Point, biasanya di Binjai Super Mall. Sebenarnya penentuan tentang waktu pertemuan dan meeting point bisa fleksibel, disesuaikan dengan keingingan pengunjung, bahkan pengunjung bisa di antar-jemput oleh operator, namun dengan fee tambahan sebagai jasa sewa transportasi.

Arung Jeram di Sungai Bingei sangat direkomendasikan bagi para pemula. Selain karena grade sungainya berdasarkan kategorisasi internasional ada pada grade 2-3, pemandangan di sekitar Sei Binge yang hijau dan masih terlihat alami, menjadikan aktivitas Arung Jeram di sungai ini lebih terasa seru dan menyenangkan. Itu sebabnya olahraga air ini sekarang telah banyak penggemarnya, baik dari kalangan pria maupun wanita.

Setelah tiba di camp operator, pengunjung akan dipandu oleh guide yang juga akan berperan sebagai komandan dalam perahu selama pengarungan berlangsung. Di camp, guide akan memberikan gambaran singkat tentang lokasi pengarungan, membantu pengunjung menggunakan peralatan keselamatan seperti helm dan life jacket, juga mengarahkan para pengunjung karena keselamatan menjadi prioritas utama dalam aktifitas air ini.

Setelah semuanya siap, maka untuk mencapai starting point lokasi rafting/arung jeram, pengunjung harus menempuh perjalanan lebih kurang selama 20 menit dari lokasi camp dengan menggunakan mobil pickup. Selama perjalanan menuju starting point pengarungan di sungai bingei, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan hutan, sungai kecil, dan rumah-rumah warga sekitar yang mayoritas dari suku batak karo.

Sebelum memulai kegiatan arung jeram, guide akan mengajak pengunjung untuk melakukan briefing singkat selama kurang lebih 10 menit untuk memastikan agar keselamatan para pengunjung selalu terjaga. Guide akan membagi pengunjung yang bisa berenang dengan yang tidak bisa berenang secara merata pada setiap perahu dan menerangkan apa yang harus dilakukan jika terjadi insiden perahu terbalik pada saat pengarungan berlangsung. Guide juga akan mengarahkan para pengunjung untuk memastikan bahwa peralatan keselamatan telah terpasang dengan baik dan hal-hal lainnya seperti cara memegang dayung dan menggunakannya, kode-kode yang biasa digunakan agar bisa menjadi acuan saat pengunjung melakukan aktifitas arung jeram atau rafting di Sungai Bingei.

Setelah briefing selesai, maka pengarungan akan dilakukan dan tidak jauh dari starting point, sekitar 5 menit pengarungan, pengunjung akan langsung disuguhkan dengan jeram selamat datang. Arus air yang mengalir di sungai ini sangat lengkap, mulai dari yang tenang, agak deras, sampai dengan sangat deras, sehingga membentuk pusaran air yang kuat dan tak jarang membuat perahu karet terombang-ambing. Disaat arus air tenang, para pengunjung bisa memanfaatkannya untuk mandi/berenang dan melepas lelah.

Sepanjang pengarungan di Sei Bingei berlangsung, selama kurang lebih 2-3 jam, para pengunjung akan menikmati pemandangan alam yang asri dan hembusan angin yang sangat segar. Jika waktu dan kesempatan memungkinkan, pengunjung bisa meminta kepada guide untuk berhenti di tengah pengarungan agar bisa menikmati keindahan alam yang ada dan berfoto untuk dijadikan kenang-kenangan.

Ending point atau titik akhir pengarungan jika kita melakukan Arung Jeram atau Rafting di Sei Bingei adalah meluncur dari bendungan Namo Sira-sira setinggi 8 meter yang sangat curam, BOOM!, melewati bendungan ini akan memacu adrenalin para pengunjung lebih cepat?

Jadi, buat kamu yang mencari kata kunci Arung Jeram Medan dan Arung Jeram di Medan sudah dapat gambaran tentang kegiatan Arung Jeram dan penasaran ingin mencoba Arung Jeram atau Rafting di Sei Bingei? Hubungi Rapidplus sekarang juga!
Our Office
PT. JERAM TIRTA SUMATERA
Jln. Ringroad Pasar 3 No. 21
Tanjung Sari - 
Medan
North Sumatra - Indonesia
Telp/Fax. 061 - 8212145
E-mail. info@sumatera-adventure.com

Marketing:
Eva - 0812 6596 180
Sarah - 0821 6719 4065
Jeje - 0852 7595 7507
Jultri - 0821 6652 0731
Sarah - 0821 6719 4065

WA: 0812 6596 180
 
Our Promo